"Penanda dan petanda"

HUBUNGAN SEMIOTIKA PADA BANTAL 

Nama : Aisah
Npm : 202146500708



pengertian semiotika?
   semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang makna dari tanda, dengan menyertakan adanya mitos dan metafora yang bersangkutan dengan tanda tersebut. Konsep-konsep dasar dari semiotika yang dicetuskan oleh Ferdinand de Saussure ini meliputi tanda/simbol, kode, maka, mitos, dan metafora.

   Dalam kehidupan sehari – hari secara tidak kita sadari, ada banyak sekali semiotika atau tanda di sekitar kita. Dari suatu hal yang kecil, bahkan hingga suatu hal yang luar biasa bisa menjadi tanda atau penanda. Sebagai contoh semiotika dalam kehidupan sehari – hari saya adalah bantal leher kesayangan saya ini.

(Gambar Bantal Leher)


bantal leher ini adalah menjadi barang kesayangan saya yang telah menemani sejak Jaman Sekolah dasar (sd) . bantal leher ini adalah sebuah pemberian kado di hari ulang tahun saya dari seseorang yang saya sayangi yaitu alm eyank, menjadi sosok orang yang selalu menuruti jika saya punya keinginan pasti dituruti .

Hal- hal kecil seperti kado pemberian bantal leher ini merupakan kado terindah bagi saya. "Selamat Ulang Tahun ya cucu ku sayang" Dengan kalimat kata inilah yang diucapkan nya saat memberi hadiah, ini membuat saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepadanya. pada jaman sd saya sangat bingung cara bener bener berterimaksih sama alm eyank gimana, bantal leher ini. Bisa dibilang hadiah ini sederhana tapi sangat bermakna .

Saya saking sayangnya sama bantal ini, saya masih simpan sampai saat ini, walaupun warnanya sudah mulai butek, Saya simpan bantal di karenakan banyak kenangan yang masih tersimpan.

bantal leher saya adalah sebagai contoh semiotika dalam kehidupan sehari – hari. Pada element sign (tanda) kita isi dengan kata atau nama objeknya yaitu “bantal leher”. Selanjutnya pada element object (objek) kita isi dengan bendanyaatau objeknya sendiri yaitu bantal. Berikutnya pada element interpretant (tafsiran) kita isi dengan tafsiran bantal  yang biasanya adalah fungsi dari benda tersebut yaitu sebagai alas kepala.



Petanda dan penanda (kata lain dari signifie et signifiant) adalah konsep dalam ilmu semiotika yang merupakan ilmu yang mempelajari tanda dan simbol dan penggunaan atau penafsirannya.konsep ini digagas oleh seorang filsuf dan ahli bahasa dari Swiss yang bernama Ferdinand de saussure.di dalam kajian linguistik,ia menjelaskan bahwa suatu tanda tidak hanya ada dalam bentuk citra bunyi tetapi juga dalam bentuk pemahaman.

Jadi, seperti inilah kisah singkat cerita bantal leher kesayangan. Dari semua pemaparan di atas, kita bisa simpulkan bahwa bantal leher Kesayangan saya adalah dapat diterapkan dalam Semiotika kehidupan sehari hari menjadi sebagai sebuah tanda atau penanda. Cukup sekian dan Terimakasih.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MITOS, METAFORA, METONIMI DALAM SEBUAH "IKLAN MARJAN"

ANALISIS SEMIOTIKA DAN RIVIEW 20 JURNAL IKLAN

"Abstrak Penelitian iklan sirup marjan"